Apa Tantangan Calon Guru Bahasa Arab? Pengalaman Seorang Praktikan saat Mengajar di Sebuah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta di Indonesia

Penulis

  • Wahyudi Wahyudi STIT Hidayatunnajah Bekasi
  • Mobit Mobit Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hotimin Hotimin STIT Hidayatunnajah Bekasi

Kata Kunci:

kendala praktik; mengajar; calon guru Bahasa Arab; praktikan

Abstrak

Calon guru Bahasa Arab melakukan praktek mengajar di kelas menjadi tantangan. Mereka mengerjakan banyak hal seperti  rencana, proses dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggali tantangan yang mereka hadapi saat praktek mengajar di sekolah.  Penelitian  ini menggunakan desain inkuiri naratif.. Data penelitian diambil dengan menggunakan jurnal reflektif yang ditulis oleh partisipan. Data menunjukkan bahwa calon guru Bahasa Arab memiliki tantangan yang kuat. Hal-hal yang ditemukan dan dianggap belum memenuhi kompetensi mengajar dalam hal analisis kurikulum, penyusunan perangkat pembelajaran, pengelolaan kelas dan pekerjaan administrasi guru. Berdasarkan temuan  calon guru menghadapi permasalahan diantaranya adalah lemah dalam menganalisa kurikulum, belum mampu menyusun perangkat pembelajaran dengan, belum mengelola kelas, dan belum bisa mengerjakan administrasi guru secara baik. Oleh karena penelitian ini memiliki keterbatasan cakupan baik data dan partisipan, penelitian mendatang sebaiknya dapat menambah data atau partisipan dan fokus pada proses yang dilakukan oleh praktikan dalam mengajar.

Unduhan

Diterbitkan

11-04-2022

Cara Mengutip

Wahyudi, W., Mobit, M., & Hotimin, H. (2022). Apa Tantangan Calon Guru Bahasa Arab? Pengalaman Seorang Praktikan saat Mengajar di Sebuah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta di Indonesia . Tashfiyatuna: Jurnal Pendidikan Keislaman, 1(01), 1–12. Diambil dari https://tashfiyatuna.stithidayatunnajah.ac.id/index.php/tashfiyatuna/article/view/Artikel_01

Terbitan

Bagian

Artikel