Pengembangan Bahan Ajar Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif Kelas VII di Sebuah Mts Plus di Bojonegoro

Penulis

  • Arif Widodo Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Izzatul Aini Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan

Kata Kunci:

pengembangan materi, modul, materi pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar Modul untuk membantu pembelajaran bahasa Arab dan untuk menunjang kemampuan berbicara bahasa Arab, sebagai referensi dan panduan guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Plus di Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dilihat dari penilaian ahli validasi materi dan bahasa, presentasi yang diperoleh sebesar 1,360%. Dan hasil dari ahli validasi desain mendapatkan presentasi sebesar 1,640%. Dan hasil dari ahli validasi pembelajaran mencapai 760%. Berdasarkan hasil uraian di atas, maka produk yang dikembangkan oleh peneliti yaitu bahan ajar keterampilan berbicara bahasa Arab berbasis pendekatan komunikatif dikatakan layak.

Unduhan

Diterbitkan

20-10-2022

Cara Mengutip

Widodo, A., & Aini, I. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif Kelas VII di Sebuah Mts Plus di Bojonegoro. Tashfiyatuna: Jurnal Pendidikan Keislaman, 1(2), 86–102. Diambil dari https://tashfiyatuna.stithidayatunnajah.ac.id/index.php/tashfiyatuna/article/view/16

Terbitan

Bagian

Artikel