Analisa Peran Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Kebijakan Pendidikan Nasional

Penulis

  • Muslim Muslim STIT Hidayatunnajah Bekasi
  • Bahtiar Abi Sofyan STIT Hidayatunnajah Bekasi
  • Sekar Ayu Nurazizah STIT Hidayatunnajah Bekasi

Kata Kunci:

keluarga, pendidikan, peran, sisdiknas

Abstrak

Keluarga memiliki peran yang sentral dalam Pendidikan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan keluarga dalam Islam menurut perspektif kebijakan pendidikan nasional. Karena objek penelitian berupa catatan sejarah dan teks kebijakan pemerintah dalam Sisdiknas, maka penelitian menggunakan pendekatan sejarah (historiografi) dan studi pustaka (library research). Data diperoleh dari sumber primer maupun sekunder. Instrumen penelitian disebarkan pula kepada responden untuk menggali informasi yang memperkuat asumsi dan interpretasi data dalam temuan yang didiskusikan. Temuan menunjukkan bahwa keluarga memiliki pengaruh yang besar terhadap kematangan karakter (adab) anak turut menyukseskan pencapaian tujuan pendidikan nasional. Esensi pendidikan keluarga telah tercakup dalam Sisdiknas.

 

Unduhan

Diterbitkan

11-04-2022

Cara Mengutip

Muslim, M., Sofyan, B. A., & Nurazizah, S. A. (2022). Analisa Peran Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Kebijakan Pendidikan Nasional. Tashfiyatuna: Jurnal Pendidikan Keislaman, 1(01), 34–44. Diambil dari https://tashfiyatuna.stithidayatunnajah.ac.id/index.php/tashfiyatuna/article/view/Artikel_04

Terbitan

Bagian

Artikel