Analisa Peran Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Kebijakan Pendidikan Nasional
Kata Kunci:
keluarga, pendidikan, peran, sisdiknasAbstrak
Keluarga memiliki peran yang sentral dalam Pendidikan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan keluarga dalam Islam menurut perspektif kebijakan pendidikan nasional. Karena objek penelitian berupa catatan sejarah dan teks kebijakan pemerintah dalam Sisdiknas, maka penelitian menggunakan pendekatan sejarah (historiografi) dan studi pustaka (library research). Data diperoleh dari sumber primer maupun sekunder. Instrumen penelitian disebarkan pula kepada responden untuk menggali informasi yang memperkuat asumsi dan interpretasi data dalam temuan yang didiskusikan. Temuan menunjukkan bahwa keluarga memiliki pengaruh yang besar terhadap kematangan karakter (adab) anak turut menyukseskan pencapaian tujuan pendidikan nasional. Esensi pendidikan keluarga telah tercakup dalam Sisdiknas.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Muslim Muslim, Bahtiar Abi Sofyan, Sekar Ayu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.