Penguatan Kemandirian Hidup Peserta Didik melalui Pembiasaan Kegiatan Ekstrakurikuler

Penulis

  • Danang Dwi Basuki STIT Hidayatunnajah Bekasi
  • Subandriyo Subandriyo STIT Hidayatunnajah Bekasi
  • Teguh Siswoyo STIT Hidayatunnajah Bekasi
  • Hana Lusiana STIT Hidayatunnajah Bekasi

Kata Kunci:

kemandirian hidup, pembiasaan, ekstra kurikuler

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan kemandirian yang dilakukan melalui pembiasaan kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah AB di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Data diambil melalui wawancara kepada responden dan observasi lapangan serta analisis dokumentasi. Penelitian ini melaporkan bahwa penguatan kemandirian peserta didik yang dilakukan di Madrasah Aliyah AB  dilakukan melalui pembiasaan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut antara lain kegiatan tahsin (memperbaiki bacaan al-Qur’an), tilawah (membaca al-Qur’an) dan muraja’ah (mengulang hafalan al-Qur’an), serta ziyadah (setoran hafalan) pada program Tahfiz al-Qur’an dengan menyisipkan nasehat tentang kemandirian melalui metode mauizhah/nasehat yang dilakukan oleh guru pembina ekstrakurikuler Tahfiz al-Qur’an. Kegiatan ekstrakurikuler di bidang dakwah dan pendidikan, olahraga, dan bahasa yang terdapat pada program leadership.

Unduhan

Diterbitkan

11-04-2022

Cara Mengutip

Basuki, D. D., Subandriyo, S., Siswoyo, T., & Lusiana, H. (2022). Penguatan Kemandirian Hidup Peserta Didik melalui Pembiasaan Kegiatan Ekstrakurikuler . Tashfiyatuna: Jurnal Pendidikan Keislaman, 1(01), 45–55. Diambil dari https://tashfiyatuna.stithidayatunnajah.ac.id/index.php/tashfiyatuna/article/view/14

Terbitan

Bagian

Artikel