Penguatan Kemandirian Hidup Peserta Didik melalui Pembiasaan Kegiatan Ekstrakurikuler
Kata Kunci:
kemandirian hidup, pembiasaan, ekstra kurikulerAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan kemandirian yang dilakukan melalui pembiasaan kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah AB di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Data diambil melalui wawancara kepada responden dan observasi lapangan serta analisis dokumentasi. Penelitian ini melaporkan bahwa penguatan kemandirian peserta didik yang dilakukan di Madrasah Aliyah AB dilakukan melalui pembiasaan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut antara lain kegiatan tahsin (memperbaiki bacaan al-Qur’an), tilawah (membaca al-Qur’an) dan muraja’ah (mengulang hafalan al-Qur’an), serta ziyadah (setoran hafalan) pada program Tahfiz al-Qur’an dengan menyisipkan nasehat tentang kemandirian melalui metode mauizhah/nasehat yang dilakukan oleh guru pembina ekstrakurikuler Tahfiz al-Qur’an. Kegiatan ekstrakurikuler di bidang dakwah dan pendidikan, olahraga, dan bahasa yang terdapat pada program leadership.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Danang Dwi Basuki, Subandriyo Subandriyo, Teguh Siswoyo, Hana Lusiana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.